Senin, 08 April 2013

DINSOSNAKERTRANS KOTA SUKABUMI SALURKAN PARA PENCARI KERJA

Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal menyalurkan para pencari kerja di Kota Sukabumi, ke berbagai perusahaan yang ada di Kota Sukabumi. Upaya tersebut, diantaranya ditempuh melalui pelaksanaan bursa kerja secara rutin, bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di Kota Sukabumi.

Adapun kegiatan bursa kerja yang telah dilaksanakan baru-baru ini, menurut Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Kota Sukabumi, Drs. Wahyu Setiawan, yakni pada akhir bulan Maret 2013. Dijelaskannya, kegiatan yang diikuti 30 perusahaan se Kota Sukabumi ini, diikuti oleh 200 orang pencari kerja, dari 500 orang jumlah pencari kerja se Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, ke-200 orang pencari kerja tersebut, diambil dari 33 kelurahan, yang tersebar di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Kota Sukabumi juga mengatakan, dalam kegiatan tersebut, pihak Dinsosnakertrans Kota Sukabumi, hanya bertugas sebagai fasilitator saja. Karena yang menentukan perekrutan tenaga kerja, sepenuhnya diserahkan kepada pihak perusahaan, sesuai dengan persyaratan dan kemampuan para pencari kerja, yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan. Selain itu, juga usia yang dibutuhkan oleh perusahaan, yakni usia produktif, antara 18 sampai dengan 25 tahun. Dikatakan pula, dalam setiap melaksanakan bursa kerja, rata-rata sebanyak 50 persen dari jumlah peserta keseluruhan, terserap langsung oleh perusahaan.

Menyinggung jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi, khususnya yang membuat surat keterangan pencari kerja atau kartu kuning, dari bulan Januari sampai dengan Februari 2013 masih cukup tinggi, yakni mencapai 679 orang. Diharapkannya, melalui kegiatan bursa kerja yang dilaksanakan secara rutin ini, dapat mengurangi jumlah pencari kerja, khususnya di Kota Sukabumi. 


Reporter : Endang Sumardi
Sumber  : Situs resmi Kota Sukabumi